Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /customers/8/f/8/pejalansenja.com/httpd.www/wp-includes/media.php on line 783 Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /customers/8/f/8/pejalansenja.com/httpd.www/wp-includes/media.php on line 789
groupies travel

Short Getaway Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Pernah mengalami gagal jalan jalan gak setelah merencanakannya? Saya mengalaminya pas Natal kemarin itu. Dan akhirnya bersama teman melakukan short getaway ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor.

Sepekan menjelang Natal tiba saya sudah menyusun rencana untuk liburan panjang. Salah satu tujuannya adalah Kota Gudeg Yogyakarta. Namun karena sudah keburu mepet, saya pun bermodal ajian untung-untungan dapet tiket bus. Berdoa untuk tiket kereta tidak sold out. Namanya juga gambling – seharusnya ada plan B. Tapi saat itu alih-alih kalau gak jadi ke Yogya, saya gak ada plan cadangan lain lagi.

I had my sights on the horizon. I was ready to ride off into sunset..

taman nasional halimun salak bogor
Pandangan mata – Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor – Jawa Barat

Sudah kebayang mau chasing sunset di Daerah Gunung Kidul dan setting up hammock, sekilas berimajinasi akan liburan panjang. Ya memang realita tak seindah khayalan, bahkan tiket untuk on the spot di bus malam pun habis.

Baca juga: Perjalanan Ke Purbakala

Gagal Ke Yogya, Taman Nasional Gunung Halimun – Salak Jadi Alternatif Short Getaway

Esok harinya, saya pun berencana untuk pergi ke Bogor dan niatnya cuma untuk menyambangi rumah salah satu teman trip yang hendak kawin sebentar lagi. Tiba kita berenam di rumah Neneng (nama asli disamarkan) dan tanpa pikir panjang kami langsung menuju ke daerah camping ground di bawah kaki Gunung Salak.

Aroma hutan pinus mulai menyeruak, perjalanan sekitar satu jam lebih kami tempuh dengan lumayan lancar. Di kanan dan kiri jalan terlihat pohon tinggi menjulang, nuansa hutan alam dan udara dingin berangsur mendominasi.

Kami dikenakan biaya masuk Rp.15.000,- per orang dan untuk penyewaan tenda juga bisa langsung disana. Biaya sekitar 150rb untuk tenda kecil kapasitas 4 orang dan 250 ribu untuk tenda dengan ukuran lebih besar dengan kapasitas sampai 8 orang.

Short Getaway Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak 2
Camping ground di Taman Nasional Gunung Halimun Salak – perhatikan kuningnya yaaa

Kami rehat sejenak di warung di areal camping ground. Saat itu menjelang pukul 01.00 kopi hitam pun terhidang. Ah nikmatnya sambil menunggu petugas mendirikan tenda (sewa tenda sudah sekalian paket langsung jadi) kami lanjutkan obrolan kami sembari minum kopi.

Entah pukul berapa suara mulai sepi, tak ada lagi gurau pertanda alam mimpi mulai kami jelajahi. mungkin lelah atau memang ngantuk tidur beralaskan matras kali ini nyaman sekali, sesekali tersadar dan terdengar gemericik aliran sungai didekat camp ground.

Pilihan Wisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

come on… you can still enjoy it anyway!! I stuck my face in the rushing air and let the wind blow my curls any way it wanted. I was like a piece of wood, something to stand and shape… ah take a deep breath.

Bangun pagi dengan udara dingin pengunungan…. Sudah pasti jam bangun pagi diisi dengan kelas inspirasi. Yup saya langsung menuju ke toilet terdekat untuk menuntaskan apa yang mengganjal di perut
Ada banyak pilihan wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, salah satunya adalah menyusuri hutan menuju ke Kawah Ratu yang jaraknya sekitar 7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dan tentunya dengan kondisi jalan yang menanjak abisss (nanjak mulu sampe habis nafas).

tempat wisata di taman nasional gunung halimun salak
This is it… Kawah Ratu di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

taman nasional gunung halimun kawah ratu
Salah satu view dalam perjalanan ke Kawah Ratu
Di beberapa titik kami melintasi rombongan yang sedang ngecamp, ada lintasan sungai yang jernih dan beberapa pohon tumbang yang melintang di jalan setapak yang kami lewati.

Apa yang alam sediakan sudah pasti harus kita jaga, kita rawat dengan baik. Dan lagi lagi jangan lupa untuk menjaga kebersihan dimanapun kita berada.

Melewati Air Terjun Gaun

Jauh di bawah sana sekitar 3 km dari jalur trekking menuju ke Kawah Ratu ada Air Terjun Gaun. Disebut demikian karena  bentuknya seperti gaun dengan aliran airnya yang terlihat jernih turun ke dasar air terjun. Dan jalur yang saya lalui ini juga bisa dilewati menuju jalur pendakian Gunung Salak.

Jadi tak perlu pusing untuk mencari tempat untu escape dan camping barang sehari. Gak perlu waktu berhari-hari, cukup di pinggiran Bogor dan sudah pasti enak jika kita ajak teman-teman kita bareng.

taman nasional gunung halimun salak
Gunung Salak di kejauhan sana…. Short Getaway di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor
Barangkali ada yang mau pakai helikopter ke sini…
Helipad again di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor

Short Getaway Ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Untuk yang mau tahu akses jalan ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang gampang, kita juga bisa sewa mobil dari stasiun Bogor atau angkot supaya lebih murah. Meskipun dadakan usahakan tetep ada preparation seperti tenda kalau kita punya lebih baik kita bawa untuk meminimalisasi biaya.

Dan selayaknya berwisata ke tempat yang dingin seperti ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini, jangan lupa bawa baju hangat.

Jangan ngaku anak traveler kalau kemana mana nihil persiapannya!!

See you on the next unexpected trip ya…. Love Pejalan Senja

23 Comments

1. Chocky Sihombing 19 Juni 2016
  2. Ardiba Sefrienda 23 Juni 2016
  3. Katerina. S 23 Juni 2016
  4. Anisa Ae 28 Juni 2016
  5. Rico Sinaga 16 Juli 2016
  6. Diah Indriastuti 12 Agustus 2016