groupies travel

Mengapung di Laguna Gayau

Setelah sneak peak tentang eksotisme Teluk Kiluan dan Lagunanya, mari kita jelajah Laguna Gayau. Apa saja yang asik yang bisa dilakukan di Laguna Gayau Lampung ini? 
 
***
 
laguna gayau lampung
Penampakan Laguna Gayau Lampung


Awalnya saya ragu untuk menyusuri bukit hanya demi sebuah laguna but it’s worth to do – trust me!!! 
 
Ketika diberitahu oleh Pak Solihin ada laguna di pesisir pantai sekitar Kiluan, saya agak sedikit penasaran sih. Tanpa ragu saya langsung bertanya posisinya dimana dan akses jalan menuju ke laguna. 
 
Pak Solihin dengan tersenyum disela-sela obrolan siang itu cuma bilang ‘deket’. Ah saya tahu makna dibalik senyum itu dan sedeket apa jarak dibalik ekspresi senyum itu. hahahaha 
 

Menuju Laguna Gayau Yang Deket Itu

 
laguna gayau lampung
Foto mah teteplah….
Benar saja bersama anak mantunya saya diantar ke lokasi Laguna Gayau. Entah nama asal muasal Laguna Gayau itu darimana dan apa artinya, saat itu saya cuma fokus ngobrol sama mantu Pak Solihin yang menjadi guide saya. Baca juga deh referensi yang saya dapatkan di sini.
 
Sebut saja mas Budi yang sedikit kalem dan saya yang dominan ngobrol ini itu. Ketika dia menunjuk sebuah jalan menanjak ke arah bukit dan langsung saya menduga kalau lokasi Laguna Gayau sudah pasti di balik bukit. 
 
Lokasi Laguna Gayau ini memang di balik bukit cuma agak memutar.
 
Jalan menanjak buat saya lumayan menguras energi dan keringatan namun itu cuma berlangsung sekitar 10 – 15 menit. Sampailah saya di punggung bukit. Jalanan menuruni bukit lumayan terjal namun cukup aman dilalui asal kita berhati hati.
 
Di depan terhampar pantai dengan pasir putih dan beberapa batu karang ditepian pantai. Masih bersih dan sepi orang (kebayang untuk kemping – ya, saya masih gak kapok untuk kemping setelah kejutan di pantai yang satu itu, dan main hammock). 
 
Dari situ kita masih harus menyusuri tepian pantai berbatu karang di mana beberapa pijakan dari kayu sengaja dibuat untuk mempermudah akses menuju Laguna Gayau.
 

Mengapung Di Laguna Gayau Lampung

 
laguna gayau lampung
Mari Nyemplung…
Tak lepas beberapa gulungan ombak ikut membuat takjub mata saat berhantaman dengan batu karang. Licin dan terjal yang dilewati terbayar sudah. 
 
laguna gayau lampung
Hamparan laguna dibibir laut selatan terlihat didepan mata. Laguna Gayau ini seluas kurang lebih 4 meter X 7 meter dengan airnya yang jernih dan pemandangan laut selatan. Sesekali hantaman ombak di dinding Laguna memecah air dan masuk ke Laguna Gayau ini. Coba deh buka video ini tentang Laguna Gayau
Simak juga video yang ini.
 
Saat pagi hari akan lebih leluasa untuk menikmati Laguna Gayau sembari mengapungkan diri dan rileks. Wah berasa dikolam private di suatu resort kali ya (lebay.com). Adapula kita bisa berpose yoga ala ala dengan background percikan ombak yang menghantam karang. 
 
All you have to do is just enjoy and stay aware, karena makin sore ombak makin besar dan air laut semakin pasang.
laguna gayau lampung
Merenungkan masa depan di laguna

Menikmati Alam Laguna Gayau Lampung


Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menikmati alam di sekeliling, kita harus tetap menjaganya. Saya beruntung karena dalam kurun waktu satu-dua tahun mendatang belum tentu kondisinya akan sama. Setidaknya itu yang terpikir oleh saya saat mengapung di Laguna Gayau ini. 

Mari kita jaga keutuhan alam kita biar seperti sedia kala. Apa yang bisa kita nikmati sekarang mudah-mudahan bisa dinikmati anak cucu kita di generasi mendatang. Salam lestari (bukan bagian dari Trio Lestari yak…)

2 Comments

  1. BaRT 22 Desember 2016
    • PejalanSenjaIndonesia 26 Desember 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Instagram